Sisa Korban Freeport Diperkirakan Tak Ada yang Hidup

Masih ada 7 korban yang belum berhasil dikeluarkan dari terowongan

VIVAnews – Sampai saat ini, Selasa 21 Mei 2013, belum semua korban longsor Freeport ditemukan. Dari total 38 korban yang tertimbun di terowongan Big Gossan Mil 74 Tembagapura Mimika Papua, 21 tewas dan 10 selamat, sedangkan 7 lainnya masih terkubur di dalam terowongan yang longsor.

“Di dalam masih ada tujuh lagi. Diperkirakan sudah tidak ada yang hidup. Tim Basarnas besok atau lusa sampai ke ujung titik lokasi yang runtuh,” kata Wacik di Istana Negara, Jakarta. Dengan demikian, evakuasi diprediksi rampung dalam satu atau dua hari ke depan seperti harapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Wacik mengatakan, semua korban harus berhasil dikeluarkan dari dalam reruntuhan terowongan Big Gossan. “Kita urus dulu korban. Itu nomor satu. Investigasi tetap berjalan sembari kita urus ini,” kata dia.

Terkait itu pula Kementerian ESDM akan memanggil pimpinan PT Freeport Indonesia untuk dimintai pertanggungjawaban. Saat ini semua biaya pengobatan korban yang selamat dibiayai oleh Freeport. “Santunan untuk korban nanti diurus bersama Menteri Tenaga Kerja,” ujar Wacik.

Sebelumnya Juru Bicara Freeport Indonesia, Daisy K Primayanti, mengatakan tim penyelamat terus bekerja 24 jam dengan menyebar pada titik-titik yang memungkinkan untuk mengeluarkan para korban dari lokasi longsor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: