Hologram : Masa Depan Teknologi Visual

Game 3D dinilai menjadi pemicu perkembangan teknologi menghadirkan hologram.

VIVAnews – Teknologi televisi 3D terbaru menjadikan gambar seperti keluar dari layar, saat anda menontonnya menggunakan kacamata tertentu. Teknologi holografik baru ini memberikan gambaran yang lebih hidup di dalam ruangan anda, hingga menghadirkan visualisasi yang meyakinkan seperti film produksi Hollywood.

Ini bukan film fiksi ilmiah. Seperti dikutip dari laman Daily Mail, di sebuah pameran game di Tokyo, Yoichi Wada, presiden dari pengembang games besar di Jepang Enix Square, mengatakan bahwa masa depan dari game adalah adanya sebuah konsol yang menghadirkan gambar hologram di depan ruangan. Ini sama seperti hologram yang digunakan dalam berkomunikasi di film “Star Wars”.

Minggu ini, Apple telah mempatenkan sebuah teknologi yang memproyeksikan gambar 3D. Tak hanya itu, teknologi itu juga memungkinkan penggunanya memanipulasi objek virtual dengan tangan mereka.

Sony sebelumnya juga telah membicarakan teknologi yang dapat memproyeksikan cahaya yang mengambang di tengah ruangan.

“Semuanya (mungkin) secara hipotesis dalam suatu waktu,” ujar editor situs khusus game VG247, Pat Garatt. “Konsep engsel pada objek yang difilmkan dari semua angle yang menghadapkan dua angle, seperti saat anda mempunyai stereoskopik 3D, sebuah teknologi yang digunakan dalam film ‘Avatar’,” lanjutnya.

“Sony telah berusaha untuk menghasilkan gambar 3D yang mengambang sendiri di depan layar tv. Tapi kita sebenarnya sedang membincangkan riset dan pengembangan. Setiap saat, Anda tidak akan pergi untuk memainkan catur Star Wars lagi, teknologi ini masih berkembang,” jelas Garatt.

Awal tahun ini, Sony menunjukkan sebuah gambar 3D dari sebuah anjing yang duduk di dalam sebuah toples hitam. Anjing itu dapat dilihat dari angle manapun. Gambar tersebut tercipta oleh proyeksi sinar melalui sebuah jaringan fiber ke toples itu.

“Video game selalu mendorong apa yang bisa dikembangkan dengan komputer secara visual. Ini alamiah dalam industri untuk secara konstan mencari cara ke depan,” ucap Garratt.

Konsol seperti Microsoft Xbox juga telah memiliki games yang pemainnya ‘muncul’ secara 3D di layar, melalui kamera sensor-gerak yang diletakkan di atas televisi. Ini menjadikan pemain video game ‘membintangi’ banyak permainan, dari game perang hingga video klip “Thriller”-nya Michael Jackson.

Sedangkan untuk siaran televisi yang menggunakan teknologi ini, setidaknya membutuhkan 200 HD kamera untuk memfilmkan aksi secara simultan. Untuk itu, hologram mungkin akan menjadi teknologi yang digunakan di dunia game.

PlayStation 3 dan Xbox 360 telah menawarkan game 3D. Adapun Toshiba telah memberikan penawaran kemungkinan gambar 3D sebening kaca. Meskipun versi teranyar dari 3D adalah “melihat” ke dalam layar, dan belum melihat objek secara keseluruhan.

Proyeksi 3D benar-benar memberikan lompatan masa depan teknologi. Sony bahkan dengan percaya diri menawarkan siaran holografik tiga dimensi ke seluruh dunia dalam proyek Piala Dunia 2022 yang mereka jalankan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: