Pembobolan Bank lewat mesin ATM

Semua orang terhenyak. Kala mendengar berita bahwa beberapa nasabah bank mendapati rekening mereka berkurang secara drastis. Hingga tulisan ini dibuat, tak kurang 200-an orang telah menjadi korban dan total jumlah uang mencapai 2 miliar rupiah. Setelah di usut diketahui kejadian ini berawal mula dari mesin ATM di beberapa daerah di Kuta, Bali telah dipasangi suatu alat yang dinamakan skimmer, dimana cara kerja alat ini mirip sebuah floppy disk yang dapat digunakan untuk menyalin kartu ATM dan mengisinya pada kartu ATM palsu, dan dengan bantuan kamera yang tersembunyi, maka di dapatlah kode pin ATM, dan dapat digunakan untuk menarik dana. Menurut beberapa pakar, hal ini disebabkan kartu ATM yang kita gunakan terdiri dari chip dan magnetik, sehingga mudah dipalsukan. Masih menurut mereka pula, bahwa kejadian ini sudah pernah terjadi di luar negeri setahun yang lalu. Entah kenapa pihak bank tidak mengantisipasi kejadian ini. Jadi dapat dikatakan pula mesin ATM kita ketinggalan jaman, hingga mudah diakali. Pihak kepolisian dan bank masih memburu para tersangka dengan mengusut aliran dana mengalir kemana, ada dugaan keterlibatan orang dalam dan beberapa hacker dari luar negeri. Berikut ini foto alat Skimmer

——–

  • Oleh karena itu, hati-hatilah dalam menggunakan mesin ATM, jangan berikan kode pin ATM  kepada siapapun, meski pihak bank memintanya.
  • Sebelum menggunakan mesin ATM, periksalah mesin ATM apakah ada alat yang lain dari biasanya atau mencurigakan. Laporkan bila mengetahui hal tersebut.
  • Perhatikan lampu LED di mulut ATM. Jika tak menyala saat dimasuki kartu, bisa jadi alat skimmer telah terpasang.
  • Kepada pihak bank, turutilah saran dari beberapa pakar, mungkin sudah waktunya digunakan kartu ATM yang hanya menggunakan single chip aja, jangan terbuat dari magnetik. Gak perlu malu atau gengsi. Juga gantilah mesin ATM yang menggunakan teknologi lama.

5 Responses

  1. jadi tkt😦 soalnya aku termasuk org yg suka menggunakan atm walaupun isi tabungan cuma segitu2nya aja hihihihi…

  2. kok bisa ya skimmer di dptkan dgn mudah kaya gitu??apa skimmer dijualbelikan?atau…ada org dlm?hingga mereka bisa pasang skimmer+kamera…

  3. harganya di pasaran cuma 500ribu [ sumber : rcti ].

  4. sepertinya kita sebagai pengguna mesti lebih waspada lagi ketika menggunakan ATM. maklum penjahat akan selalu menemukan cara inovatif yang lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: