Tips memilih Distro Linux untuk komputer lama

all

Terkadang ada sebagian dari para pengguna linux (linux user) pemula yang ingin mencoba-coba distro-distro linux mana yang cocok bagi mereka, sedangkan komputer yang ingin mereka gunakan hanyalah komputer lama ( pentium III ke bawah dengan RAM yang hanya 128MB. Penulis sendiri dulu hanya menggunakan Pentium II dengan RAM 64MB. Sekarang cuma nambah jadi 128MB). Anda bisa mengikuti beberapa saran dari saya berikut ini :

  • Untuk itu anda dapat mencoba beberapa distro linux yang berbasis dasar menggunakan teks. Diantaranya Slackware atau Debian, meskipun di hadapkan pada kesulitan setting & interface berbasis teks yang agak rumit. Penulis sendiri sering berganti-ganti distro versi lama antara lain Ubuntu [?], KNOPPIX [?], Debian [3.x], Slackware [8.0-10.2], Redhat [5.1-9.0], SUSE [6]. Sedangkan versi lebih  baru yng berbasis grafis seperti Redhat 9.0 ke atas, SUSE 8.0 ke atas, atau Ubuntu 6 ke atas, bisa dipastikan komputer dengan spesifikasi diatas akan kurang maksimal kemampuannya  ( bahkan tidak mampu jalan ). Namun yang paling penulis senangi adalah Slackware, karena berbasis dasar teks, karena kita dapat berpindah-pindah dari modus teks ke modus grafis (tinggal pake xwmconfig).  Untuk itu penulis sarankan anda menggunakan distro yang berbasis dasar teks (Slackware atau Debian).
  • Agar komputer anda tidak terlalu dipaksa bekerja keras, gunakan Window Manager ( selain KDE dan Gnome ) yang ringan, semisal xfce, fluxbox, dll.
  • Yang paling akhir adalah gunakan distro yang dipakai oleh teman anda, sebagai tempat anda belajar dan bertanya

Penulis tidak bermaksud mendiskreditkan / fanatik pada distro tertentu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: