Makanan yang bikin gendut

Ini dia 15 jenis makanan yang gampang membuat gemuk. Kalaupun tidak bisa
menyingkirkannya dari daftar menu, gantilah dengan jenis yang rendah kalori dan bebas
lemak, atau tidak terlalu sering mengonsumsinya.
1. Pure kentang. Apalagi jika proses pengolahannya menggunakan krim dan mentega.
Bayangkan, 1/2 mangkuk saji saja sudah mengandung 200 kalori!
2. Permen. Selain mengandung jenis lemak jahat, kadar gulanya juga sangat tinggi. Begitu
pula panganan sejenis seperti donat, cake dan bolu gulung.
3. Es krim. Meski kenikmatannya sangat mengundang, es krim merupakan sajian yang amat
tinggi kandungan lemak, gula dan kalori. Jadi, pertimbangkan kembali untuk menikmatinya
jika Anda sedang berdiet.
4. Keripik kentang. Camilan yang gurih ini merupakan salah satu makanan yang paling
berpeluang bikin gemuk karena kandungan garamnya sangat tinggi. Belum lagi kandungan
lemak dan gulanya, sehingga total kalorinya tinggi. Di samping itu, keripik kentang banyak
mengandung bahan pengawet, perasa dan pemanis buatan yang jelas-jelas dapat merugikan
kesehatan.
5. Daging olahan. Kendati amat praktis, hot dog, sosis dan daging olahan sejenisnya,
mengandung lemak tak baik. Kadarnya yang begitu tinggi, sama banyak dengan kadar
garam yang dikandungnya.
6. Jajanan gorengan. Makanan jenis ini kurang baik bagi kesehatan karena umumnya
digoreng dengan minyak yang tidak diganti setiap kali menggoreng. Kandungan lemaknya
juga sangat tinggi dan kurang terjamin kebersihannya jika dijajakan di pinggir jalan.
7. Makanan cepat saji. Di antaranya hamburger, nachos dan kentang goreng. Kandungan
lemaknya sangat tinggi, begitu pula kandungan kalorinya. Sementara kandungan nutrisi
yang menyehatkan, nyaris tidak ada.

8. Minuman bersoda. Meski mendatangkan kesegaran sesaat, minuman ini sama sekali tidak
memiliki nilai-nilai nutrisi. Misal : Sprite, Cocacola, dll. Kecuali, kaya akan kandungan gula, sodium, dan kalori.
9. Sereal manis. Sereal dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, semakin menjadi
ancaman bila bertemu dengan rasa manis dari gula. Makanan jenis ini akan meningkatkan
gula darah dan menyebabkan tubuh menimbun lemak.
10. Susu whole milk. Meskipun kandungan kalsiumnya baik bagi tubuh, susu jenis ini
memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi yang akan menambah timbunan lemak tubuh.
Jadi, kalau ingin mengambil manfaat kalsiumnya, ganti saja dengan mengonsumsi susu yang
bebas lemak atau minimal yang yang sudah dikurangi kandungan lemaknya.
11. Kuah daging. Kandungan lemak dan karbihidrat maupun kalorinya sama-asma tinggi.
12. Roti. Terutama yang terbuat dari tepung yang sudah mengalami proses penghalusan,
sehingga tinggi kandungan lemak dan karbohidratnya. Kalau mau aman, coba mengonsumsi
roti gandum, sehingga dapat menfaat dari seratnya.
13. Aneka Krim. Whipped cream yang sering dipakai sebagai penghias pada jus stroberi dan
dressing salad, semuanya mengandung lemak tinggi, dan akan menjadi kalori tinggi jika
tercampur dengan makanan sehat Anda. Sebaiknya, jika Anda sedang mengonsumsi
makanan sehat, tidak usah dibumbui dengan aneka krim atau topping.
14. Mayones. Memiliki sekian banyak ikatan lemak di dalamnya. Jadi, sebaiknya pakai
sedikit saja jika Anda menginginkan.
15. Kopi Instan. Tahukah Anda bahwa secangkir kopi instan mengandung lebih dari 39
lemak? Nah, kalau tidak mau tubuh Anda jadi timbunan lemak, hitung secara cermat berapa
jumlah kalori dari kopi instan yang masuk ke dalam tubuh.
ada yang mw nambahin?

9 Responses

  1. beneran ga ? cuz gw pengen gendut nih… :D

  2. klo tape singkong bikin gndut g??

  3. iya aku sering makan-makanan itu.mangkanya aku gemuk padahal umur aku baru 25 tahun,tapi berat aku 65 kg. gimana sih cara untuk langsingin badan yang mudah ???
    soal nya kalo aku diet,aku sakit kan aku punya mag !
    jadi tolong ya kasih tau cara diet yang baik !!! please !!!
    kirim ke website aku aja,apa gak e-mail aku…
    website : http://www.indahrefsi_soulmate.com
    e-mail : indahanugrahsaraswati@yahoo.com

  4. trimaksih ustadz ilmunya tentang soal lemu alias gendut alias gemuk. karena aku orangnya ringkeh (gering mangane akeh) alias congkring (plencung tur gering) sudah banyak makan, minum susu dan seterusnya dasar potongan kurus ya kurus

  5. mkanan favorit n menu makan sy tiap hari ad semua dlm daftar itu.tinggi sy 161,berat 39-40kg..g gemuk2 tuh…

  6. makasii info,a :)

  7. Ga selamanya sama loh semua makanan diatas bikin gemuk!! :-) kuah daging, daging apa dulu nih?! Daging merah seperti daging sapi memang mengandung lemak, makanya memang haruslah dihindari. Tp untuk daging ayam no problem!! Berat badan awalku 83 kg loh dengan tinggi 165 cm. Setelah diet +- 6 bln, skrg beratku 53 kg. That’s ideal weight for Me!! Satu lagi, daging apabila kita olah sendiri sangat baik untuk metabolisme tubuh, but not only “daging” ya, protein bkn hanya dr daging. Tp ingat diet yg salah apabila tidak mengonsumsi asupan protein tinggi, karena protein tdk akan dpt disimpan menjadi lemak, tp gula akan menjadi glukosa yg merupakan sumber energi utama tubuh, jika tubuh kelebihan glukosa cadangan glukosa yg tersisa disimpan tubuh dlm bentuk lemak. Minyak, ikatan molekul minyak tidak kovalen dengan cairan enzym yg dikeluarkan lambung, begitupun dalam ileum tak dpt menyerap minyak. Maka minyak pun menjadi lemak yg menumpuk dibagian saluran pencernaan. Yg plg sering ditanyakan apa alasannya garam dprt membuat gemuk?! Jawabannya krn garam mengikat air, sehingga kadar air dlm tubuh meningkat dan berat badan menaik, meski sebenarnya bkn berupa lemak tetapi ttp saja akibat dr mokekul garam yg berikatan kovalen dgn air dalam tubuh membuat molekul air membesar ukurannya sehingga air yg sdh berlebih di dalam tubuh tidak dpt dikeluarkan dlm bentuk keringat. Sekedar saran dr saya : Jika ingin menurunkan bobot tubuh sering”lah makan dlm porsi sedikit, konsumsi karbohidrat tak lebih dr 20% makanan harian anda. Banyak2lah bergerak, dan jangan salah saat tidurpun tubuh membakar setidak2nya 120 kkal. Maka dr itu diet yg paling baik adalah porsi makanan harian tak lebih dari 1400 kkal dan tak kurang dari 1100 kkal. Maka anda tak perlu tersiksa dengan perasaan kelaparan yg menyakitkan! Selamat mencoba. (з´⌣`ε)

  8. hy.ideal gk klo TB w :156cm BB:52kg,,umur bru 12th

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: